Performance Management
Secara definisi, Performance
Management adalah suatu pendekatan sistematik untuk meningkatkan kinerja
individu atau tim dalam mencapai tujuan / target organisasi (Hendry,
Bradley and Perkins, 1997).
Definisi ini
menyinggung 3 hal penting, yaitu :
1. Sistematis.
Pengaturan kinerja organisasi, baik secara individu maupun tim merupakan
sebuah sistem yang terpadu dengan sistem lainnya, bukan sebuah aktivitas yang
terlepas satu sama lain.
2. Individu / tim.
Target / tujuan organisasi harus diturunkan dan dibagi menjadi beberapa
tugas kecil per posisi yang tentunya harus mendukung satu sama lain. Maka dari
itu, hubungan sebab-akibatnya harus terjaga.
3. Tujuan / target
organisasi.
Hanya ada 2 tujuan sebuah organisasi / perusahaan, yaitu Profit
(Keuntungan) dan Growth (Pertumbuhan). Semua hal yang dikerjakan oleh karyawan
haruslah mendukung pencapaian kedua hal ini, bila tidak, maka perlu ditinjau
ulang dan direvisi.
Praktek pendekatan
manajemen kinerja di dunia usaha dan industri sangat beragam, tapi bila ditarik
benang merahnya dapat terbagi menjadi 4, yaitu :
1. Fase Plan :
Performance Planning
Membuat rencana kerja yang diselaraskan dengan Sasaran Strategis, Key
Performance Indicator (KPI), Standar / Target, Aktivitas perusahaan secara
SMART (Spesific, Measurable, Achiveable, Realistic, Time-Oriented). Sifatnya
adalah Top Down, artinya CEO / President Director harus membuat target
perencanaannya dulu, barulah diturunkan sampai ke level terendah.
2. Fase Do : On
Going Feedback & Informal Coaching
Melaksanakan rencana kerja dan melakukan pengawasan. Hal penting yang perlu
dilakukan adalah memberikan umpan balik (feedback) terhadap karyawan dari
atasan yang bersangkutan untuk kembali meluruskan apa yang mungkin tidak sesuai
dengan rencana awal. Selain itu, umpan balik sangat penting untuk memberikan
motivasi dan me-recharge energi yang mungkin mulai habis.
3. Fase Check :
Performance Appraisal & Development Planning
Mengevaluasi pencapaian kinerja dibandingkan dengan target / rencana kerja.
Terlibat pada proses ini adalah Atasan, HRD, dan Top Management, serta karyawan
yang bersangkutan.
4. Fase Action :
On Going Feedback & Informal Coaching
Memberikan penghargaan kepada karyawan atas kinerjanya dan memberikannya
catatan pengembangan untuk perbaikan kualitas kerjanya di masa depan.
Tujuan akhir Performance Management adalah mendapatkan kinerja terbaik
karyawan dan organisasi untuk mencapai Profit dan Pertumbuhan sambil
mengembangkan kompetensi karyawan dalam menghadapi tugas-tugas menantang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar