Prilaku konsumen
adalah dasar dari manajemen pemasaran karena dengan adanya prilaku konsumen
maka para produsen dapat memasarkan barang atau jasa yang ingin dijual sesuai
dengan perilaku konsumen.
Manusia mempunyai
need dan want maksudnya :
·
Need : suatu rasa dimana hal tersebut harus
terpenuhi jika tidak maka akan menjadi suatu masalah. Biasanya ada indikator
·
Want : Suatu rasa dimana jika hal tersebut
tidak di penuhi maka tidak akan menjadi masalah dan menimbulkan
ekspetasi-ekspetasi sehingga muncul marketing
mix
Marketing mix
terdiri dari 4P/7P :
- Product: barang atau jasa yang di
tawarkan kepada konsumen, jika produk ini sangat buruk dalam
designnya, maka hal tersebut tidak akan menciptakan nilai yang berarti
bagi pelanggan, walaupun sisa dari 7p berjalan dengan baik.
- Place : berbagai kegiatan yang
dilakukan perusahaan agar barang atau produk tersebut dapat di akses
dan tersedia bagi konsumennnya.
- Price : sejumlah uang yang harus
dikeluarkan konsumen untuk memperoleh produk atau barang yang
diinginkan.
- Promotion : berbagai kegiatan yang
dilakukan perusahaan untuk berkomunikasi dan promosi barang atau
jasanya kepada target konsumennya.
- Process : bagaimana cara perusahaan
dalam menyampaikan produk atau jasanya kepada konsumen secara langsung
baik prosedur dan proses.
- Physical Environment : segala sesuatu bentuk fisik
perusahaan dalam mendukung produk atau jasa yang di tawarkan.
(gedung, kendaraan, peralatan, seragam karyawan).
- People : personil perusahaan yang
secara konstan mengadakan kontak dengan konsumen dimana konsumen akan
menilai perolehan produk jasa yang diinginkan.
Jadi
dari ekspetasi-ekspetasi para konsumen yang berbeda-beda telah menciptakan marketing mix sehingga produsen dapat
memenuhi keinginan dari para konsumen agar dapat bersaing di dalam pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar