Jumat, 23 Oktober 2015

Perilaku Konsumen

Prilaku konsumen adalah dasar dari manajemen pemasaran karena dengan adanya prilaku konsumen maka para produsen dapat memasarkan barang atau jasa yang ingin dijual sesuai dengan perilaku konsumen.
Manusia mempunyai need dan want maksudnya :
·                                            Need : suatu rasa dimana hal tersebut harus terpenuhi jika tidak maka akan menjadi     suatu masalah. Biasanya ada indikator
·                                            Want : Suatu rasa dimana jika hal tersebut tidak di penuhi maka tidak akan menjadi masalah dan menimbulkan ekspetasi-ekspetasi sehingga muncul marketing mix
Marketing mix terdiri dari 4P/7P :
  1. Product: barang atau jasa yang di tawarkan kepada konsumen, jika produk ini sangat buruk dalam designnya, maka hal tersebut tidak akan menciptakan nilai yang berarti bagi pelanggan, walaupun sisa dari 7p berjalan dengan baik.

  1. Place : berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan agar barang atau produk tersebut dapat di akses dan tersedia bagi konsumennnya.

  1. Price : sejumlah uang yang harus dikeluarkan konsumen untuk memperoleh produk atau barang yang diinginkan.

  1. Promotion : berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk berkomunikasi dan promosi barang atau jasanya kepada target konsumennya.

  1. Process : bagaimana cara perusahaan dalam menyampaikan produk atau jasanya kepada konsumen secara langsung baik prosedur dan proses.

  1. Physical Environment : segala sesuatu bentuk fisik perusahaan dalam mendukung produk atau jasa yang di tawarkan. (gedung, kendaraan, peralatan, seragam karyawan).

  1. People : personil perusahaan yang secara konstan mengadakan kontak dengan konsumen dimana konsumen akan menilai perolehan produk jasa yang diinginkan.


Jadi dari ekspetasi-ekspetasi para konsumen yang berbeda-beda telah menciptakan marketing mix sehingga produsen dapat memenuhi keinginan dari para konsumen agar dapat bersaing di dalam pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar